Cara Mematikan Lampu Infra Red (IR) Kamera CCTV Hikvision Analog dan IP

mematikan lampu IR CCTV Hikvision

Kamera CCTV dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna, namun perlu sedikit penyesuaian. Pada artikel kali ini, akan dibahas bagaimana cara mematikan lampu infra red pada kamera CCTV Hikvision.

Dalam beberapa kondisi tertentu, kamu mungkin ingin mematikan lampu infra red kamera CCTV. Apalagi kamera CCTV yang terpasang di lokasi cukup cahaya dan tidak membutuhkan infra red.

Kondisi lain adalah ketika CCTV terpasang di dalam ruangan dan kamu tidak ingin orang lain tahu bahwa CCTV itu sedang menyala.

Mematikan Lampu Infra Red CCTV

Berikut adalah bagaimana cara untuk mematikan lampu infra red pada kamera CCTV Hikvision.

Mematikan Lampu Infra Red CCTV Analog Hikvision

Kamera CCTV analog dihubungkan dengan kabel coaxial. Biasanya disebut dengan kamera CCTV HD atau TVI.

Cara untuk mematikan lampu infra red kamera analog cukup mudah.

Sebelum melakukannya, saya asumsikan kamu sudah mengerti komponen pada CCTV, baik itu yang berbentuk bullet atau dome. Untuk melakukannya, buka casing kamera CCTV dan cari kabel penghubung ke lampu infra red. Jika sudah ketemu, cabut kabel tersebut untuk mematikan lampu infra red.

Cara lain untuk mematikan lampu infra red adalah melalui pengaturan.

Buka layar DVR kamu di komputer. Pilih salah satu kamera. Di bawah layar, terdapat menu PTZ Control. Klik menu tersebut untuk masuk ke pengaturan PTZ Control.Disebelah kanan, kamu akan menemukan tombol Iris. Klik tombol tersebut untuk masuk ke pengaturan.

Pilih pengaturan Smart Ligth dan arahkan ke OFF.

Beberapa kamera mungkin tidak mendukung dengan cara ini. Jadi kamu harus tetap mematikannya secara manual seperti cara pertama.

Mematikan Infra Red CCTV IP Hikvision

Untuk mematikan lampu infra red pada kemra CCTV IP Hikvision, kamu lebih dulu harus mengakses CCTV dari alamat IP-nya.

Gunakan aplikasi SADP untuk mengetahui alamat IP kamera CCTV IP Hikvision.

Setelah mendapatkan alamat IP, akses alamat tersebut menggunakan browser pada komputer/laptop. Kemudian masukan username dan kata sandi untuk login ke halaman antarmuka perangkat CCTV IP Hikvision. Pilih menu konfigurasi/pengaturan. Di bagian System Service, hilangkan tanda checklist Enable IR Light.

Penutup

Sebelum kamu mencoba mematikan kamera infra red CCTV, kamu harus tahu bahwa lampu infra red berfungsi agar kamera CCTV tetap bisa menangkap gambar video dalam kondisi gelap.

Karena itu, pastikan kamu sudah berfikir dua kali untuk mematikan lampu infra red kamera CCTV yang kamu miliki.

Leave a Reply