Cara Menampilkan Gambar CCTV ke Banyak Monitor

menampilkan cctv ke banyak monitor atau tv

Berikut adalah cara menampilkan atau menghubungkan tampilan kamera CCTV ke banyak monitor.

Dengan monitor, memungkinkan Anda untuk memantau tampilan kamera CCTV secara langsung. Tentu saja, semakin banyak monitor yang terhubung ke CCTV, maka akan semakin mantap.

Pada kesempatan kali ini, Pasitive CCTV Jambi ingin membagikan kepada Anda dan pembaca lainnya bagaimana cara untuk menghubungkan kamera CCTV agar bisa tampil ke banyak monitor.

Dengan terhubungnya kamera CCTV ke banyak monitor, akan memungkinkan Anda menempatkan monitor di berbagai lokasi rumah atau kantor, misalnya saja di kantor atau pabrik.

Jenis-Jenis Koneksi Kamera CCTV ke Monitor

Perekam (DVR/NVR) memiliki dua koneksi yang berbeda, yaitu VGA dan HDMI. Jika Anda ingin menggunakan dua monitor, Anda cukup menghubungkan satu melalui HDMI dan satu lagi melalui VGA.

Anda juga bisa membeli HDMI Spilitter atau VGA. Dengan HDMI dan VGA Spillter Anda dapat menghubungkan keduanya menjadi satu. Saat membeli splitter, coba temukan Splitter-Amplifier, yang membantu meningkatkan koneksi gambar dan tidak akan mengganggu kualitas rekaman.

Splitter memiliki dua jenis, ada yang menggunakan tegangan dan tidak. Perbedaan utamanya adalah bahwa splitter tanpa tegangan disebut pasif, splitter tanpa tegangan dapat menurunkan kualitas tampilan gambar CCTV di layar monitor. Sedangkan splitter dengan power, bisa menjaga koneksi gambar tetap stabil dan akan tampil lebih jelas di monitor.

Cara Menghubungkan Kamera CCTV ke Banyak Monitor

Menghubungkan kamera CCTV ke beberapa monitor bisa sangat bermanfaat. Ini memberi Anda kesempatan untuk menempatkan monitor tersebar dan memantau kamera dari berbagai tempat.

Anda dapat memilih untuk menghubungkan dua monitor atau bahkan lebih dari delapan monitor sekaligus, yang akan menampilkan tampilan langsung kamera CCTV secara bersamaan. Ini mungkin tidak ideal untuk rumah. Anda mungkin dapat melakukan cara ini untuk kantor atau pabrik.

Anda dapat memasang monitor di tempat yang paling berguna di pabrik Anda, seperti pos keamanan, ruang administrasi, ruang kontrol, dan ruang pimpinan. Atau tempat-tempat penting lain untuk membuat Anda tetap waspada dan memberi Anda akses untuk melihat apakah ada penyusup di luar.

Langkah-Langkah Menghubungkan CCTV ke Banyak Monitor

Cara untuk menghubungkan kamera CCTV ke beberapa monitor sangat mudah dan seharusnya bisa Anda lakukan sendiri. Di bawah ini Pasitive CCTV akan memberikan contoh menghubungkan banyak monitor menggunakan HDMI.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan HDMI Splitter.

HDMI cenderung menjadi yang terbaik untuk kualitas gambar dan koneksi. Juga, ingat bahwa jika sistem CCTV Anda memiliki audio, maka menggunakan VGA hanya akan mengirimkan gambar dan bukan suara.

Di bawah ini, kami telah menyertakan diagram sehingga Anda dapat memvisualisasikan dengan lebih baik bagaimana cara untuk menghubungkan tampilan kamera CCTV kebeberapa monitor. Selanjutnya, Anda harus memahami bahwa Anda akan mengkloning tampilan HDMI utama ke empat monitor lainnya.

Ada berbagai macam splitter, sepert 1 ke 2, 1 ke 4, 1 ke 6 dan lain sebagainya. Dalam contoh yang digunakan dalam artikel ini, anggaplah Anda ingin menghubungkan beberapa monitor, tepatnya empat monitor menggunakan HDMI Splitter 1 ke 4.

Untuk melakukannya, pertama-tama Anda akan mulai dengan menghubungkan output HDMI dari DVR.NVR ke input HDMI Splitter. Kemudian hubungkan output masing-masing splitter ke monitor yang Anda gunakan.

Setelah semua terhubung, Anda dapat menyalakan perekam DVR/NVR, dan Anda seharusnya sudah dapat melihat tampilan kamera Anda secara langsung di setiap monitor yang Anda sambungkan.

Kualitas akan diturunkan tergantung pada seberapa jauh monitor dari perekam. Semakin baik kualitas splitter, misalnya menggunakan HDMI Splitter 4K, akan menampilkan kualitas gambar lebih baik.

Gagal Menghubungkan Kamera CCTV ke Banyak Monitor

Jika Anda sudah mengukuti cara di atas namun gagal, berikut adalah langkah-langkah mengatasinya.

  1. Gunakan HDMI Splitter yang bagus
  2. Pastikan semua colokan HDMI dari DVR ke HDMI Splitter terhubung dengan baik.
  3. Pastikan colokan dari HDMI ke monitor terhubung dengan baik.
  4. Seragamkan resolusi

Beberapa jenis HDMI memiliki jarak yang berbeda, ada yang 30 meter dan ada juga yang hanya 10 meter.

Kerena itu, pastikan Anda membeli jenis HDMI Splitter sesuai dengan jarak.

Demikianlah bagaimana cara untuk menghubungkan CCTV ke banyak monitor. Jika memiliki pertanyaan, silahkan untuk menulisnya melalui komentar. Bagi Anda yang tidak ingin repot, Pasitive CCTV dapat mengerjakan berbagai keperluan sistem kamera CCTV, termasuk menghubungkan kamera CCTV ke banyak monitor.

JIka Anda membutuhkan layanan kami, Anda dapat langsung menghubungi Pasitive CCTV melalui kontak yang ada di website ini.

Leave a Reply