Kamera CCTV Hikvision Bergaris dan Cara Mengatasinya

penyebab kamera cctv hikvision bergaris

Tampilan bergaris kamera CCTV Hikvision adalah salah satu masalah kamera analog yang harus segera di perbaiki. Garis pada kamera CCTV akan membuat tampilan tidak terang. Gambar yang bergaris juga akan ikut tersimpan di hardisk.

Ketika di playback, maka gambar akan kurang jelas.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kamera CCTV bergaris. Bisa timbul karena ada masalah pada kabel, konektor dan arus ke kamera yang berkurang.

Tips Mengatasi Kamera CCTV Bergaris

Cara mengatasi kamera CCTV bergaris di tulisan ini adalah berdasarkan pengalaman tim teknis kami di lapangan. Jadi jika Anda membaca panduan ini, kemungkinan besar masalah gambar kamera CCTV yang bergaris akan hilang.

Berikut langkah demi langkah mengatasi kamera CCTV bergaris.

1. Cek Kabel

Langkah pertama yang kami lakukan adalah melakukan pengecekan kabel. Mulai dari DVR hingga ke unit kamera CCTV.

Biasanya kabel tergigit tikut, kelelawar dan hewan pengerat lainnya.

Tampilan CCTV akan mengalami gangguan jika kabel robek, apalagi robekan yang terjadi pada kabel cukup dalam dan lebar. Jika terlanjur putus, maka kabel tersebut harus diperbaiki.

2. Cek Konektor

Kamera CCTV analog memiliki dua konektor, yaitu konektor video dan konektor power. Anda harus memeriksa keduanya.

Biasanya yang terjadi adalah konektor berjamur. Ini bisa timbul karena arus yang melewati konektor kurang bagus. Konektor kamera outdoor sangat rentan ditumbuhi jamur. Apalagi dalam pemasangannya kabel tidak diberikan perlindungan. Ini akan membuat kabel keropos dan putus.

Jika mendapati konektor yang berjamur, Anda bisa langsung menggantinya.

3. Cek Sambungan Kabel

Sambungan kabel yang kurang bagus juga akan menyebabkan tampilan gambar kamera CCTV analog Hikvision bergaris.

Pastikan Anda menyambung kabel dengan benar.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan konektor khusus untuk menyambung kabel kamera CCTV. Karena banyak masih kami temukan sambungan kabel dilakukan dengan asal-asalan.

4. Cek Port Video DVR

Ada kalanya port vidio pada DVR mengalami masalah. Ini disebabkan karena umur pakai DVR atau Anda kurang memperhatikan kebersihan perangkat kamera CCTV.

Perangkat CCTV juga membutuhkan perawatan rutin.

Hal ini untuk memastikan DVR dan juga kamera CCTV selalu dalam keadaan yang bersih. DVR dan CCTV yang kotor dan penuh debu akan mempercepat kerusakan.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan perawatan rutin, Anda bisa menggunakan jasa perawatan kamera CCTV dari Pasitive CCTV Jambi. Selain pasang dan servis, Pasitive CCTV Jambi juga menyediakan layanan perawatan kamera CCTV di Jambi untuk kantor, swalayan atau minimarket, pabrik, gudang, rumah dan sebagainya.

Kesimpulan

Untuk menjaga kamera CCTV tidak bergaris, Anda harus tetap rajin melakukan perawatan rutin seperti membersihkan perangkat CCTV, seperti melakukan pengecekan jalur kabel dan membersihkan kamera dari debu dan kotoran.

Perangkat yang bersih akan membuat sistem bekerja optimal.

Biaya perawatan kamera CCTV juga lebih murah dari pada Anda melakukan penggantian komponen CCTV yang sudah terlanjur rusak.

Leave a Reply