Mengatasi CCTV No Video dan Tidak Ada Sinyal, Sudah Ganti HDMI dan VGA

cctv tidak ada sinyal di monitor

Mengatasi kamera CCTV, Hikvision, Dahua, HiLook, SPC, XMeye dan sebagainya Tidak Ada Sinyal di monitor. Padahal DVR dan CCTV dalam kondisi menyala. Tapi di layar hanya menampilkan tidak ada sinyal. Tentunya ini sedikit memuat kesal. CCTV yang baru Anda beli tidak bisa di lihat.

Ada beberapa faktor mengapa muncul keterangan Tidak Ada Sinyal.

Untuk memecahkan masalah ini, tim teknis kami di lokasi selalu mengecek segala macam masalah CCTV secara menyeluruh. Seperti pengecekan monitor, mesin perekam (DVR/NVR), power supply dan sebagainya.

3 Cara Mengatasi CCTV Tidak Ada Sinyal

Ikuti langkah-langkah dari tim teknis kami di bawah ini untuk mengatasi masalah kamera CCTV yang menampilkan Tidak Ada Sinyal di monitor.

1. Cek Monitor

Penggunaan model, jenis dan ukuran monitor menjadi penyebab utama munculnya keterangan Tidak Ada Sinyal.

Beda monitor beda pula resolusi yang bisa di tampilkan.

Oleh karena itu, tim teknis kami menggunakan monitor lain. Atau tim teknis kami menggunakan alat yang bisa digunakan untuk mengakses perekam DVR/NVR untuk menurunkan dan meningkatkan resolusi CCTV.

2. Cek Kabel HDMI dan VGA

DVR dan NVR CCTV memiliki dua jenis video output, yaitu HDMI dan VGA.

Periksa apakah kabel penghubung dari DVR ke monitor CCTV yang Anda gunakan dalam kondisi baik dengan mencobanya di monitor lain.

Jika di monitor lain kabel tersebut bisa menampilkan gambar, kemungkinan besar port HDMI atau VGA yang ada di monitor sudah rusak. Anda pun harus memperbaiki di tempat servis atau langsung menggantinya dengan monitor baru.

3. Cek Mesin Perekam DVR/NVR

Kendala lain yang menyebabkan kamera CCTV muncul Tidak Ada Sinyal di monitor adalah rusaknya perekam.

Biasanya terjadi karena petir atau arus pendek listrik.

Meskipun kadang perekam masih menyala, kasus di lapangan yang tim teknis kami di lapangan adalah rusaknya port output video HDMI dan VGA.

Anda bisa mencoba untuk menukar port output video dari perekam. Jika sebelumnya menggunakan HDMI sebagai output tidak menampilkan gambar, Anda bisa menukarnya ke port output VGA atau sebaliknya.

Kesimpulan

Kerusakan sistem kamera CCTV bisa terjadi kapan saja. Karena itu Anda harus selalu memperhatikan dan melakukan perawatan sistem kamera CCTV secara berkala aga selalu dalam kondisi baik.

Anda bisa mencoba 3 langkah di atas untuk mengatasi masalah CCTV Tidak Ada Sinyal.

Jika Anda tidak memiliki waktu dan direpotkan dengan perbaikan sistem kamera CCTV, Pasitive CCTV siap melayani perbaikan kamera CCTV untuk Anda. Tim teknis kami akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi dan memberikan solusi kepada Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya. Hubungi Pasitive CCTV lewat kontak yang ada di halaman ini untuk layanan servis CCTV di Jambi dan sekitarnya.

Leave a Reply