Ciri-Ciri dan Memilih Kamera CCTV yang Tahan Air dan Debu

ciri-ciri kamera cctv yang tahan air

Jangan asal pilih kamera CCTV, Anda harus mengetahui fungsi, lokasi pasang dan jenisnya. pada artikel kami kali ini, kami akan membahas ciri-ciri kamera CCTV tahan air yang harus Anda ketahui.

Di dunia CCTV, ada istilah CCTV outdoor dan indoor.

CCTV outdoor adalah kamera CCTV khusus yang di desain dan dibuat untuk luar ruangan. Sedangkan kamera CCTV indoor adalah kamera CCTV yang khusus di desain dan digunakan untuk di dalam ruangan. Kamera CCTV outdoor bisa dipasang di dalam maupun di luar ruangan sedangkan kamera indoor tidak bisa untuk dipasang di luar ruangan karena tidak tahan air.

Apa Ciri-Ciri Kamera CCTV yang Tahan Air?

Kamera tahan air dapat di pasang hampir di mana saja. Karena sifatnya yang tahan air, kamera CCTV tidak mudah rusak jika terkena air langsung.

Berikut adalah ciri-ciri kamera CCTV tahan air.

  1. Dari bentuknya – Bentuk dari kamera CCTV tahan air kebanyakan di desain dalam bentuk memanjang dan tampak padat serta tidak ada ujung-ujang yang terbuka. Desain ini disebut dengan bullet.
  2. Dari lokasi pasangnya – Lokasi pasang CCTV tahan air kebanyakan berada di luar ruangan. Seperti lampu merah, tempat parkir dan lain sebagainya.
  3. Dari harganya – CCTV tahan air memiliki harga sedikit lebih tinggi.

Bagaimana Memilih Kamera CCTV Tahan Air?

Di pasaran, tersedia kamera CCTV yang memang benar-benar tahan air. Kamera CCTV tahan air bisa dilihat dari IP Ratingnya. IP Rating adalah sebuah kode yang diberikan kepada sebuah perangkat yang memanda bahwa perangkat tahan air atau tidak.

Berikut adalah nilai IP Rating pada kamera CCTV.

  1. IP65 – Perlindungan penuh dari debu dan aman dari air yang berasal percikan air.
  2. IP66 – Perlindungan penuh dari debu dan aman dari percikan air yang berasal dari selang air dengan semprotan tekanan tinggi.
  3. IP67 – Perlindungan penuh dari debu dan aman untuk direndam di dalam hingga kedalaman 1 meter dengan jangka waktu 30 menit.
  4. IP68 – Perlindungan penuh dari debu dan aman direndam di dalam air sedalam 1.5 meter selama 30 menit. IP68 belum tersedia untuk kamera CCTV. IP Rating IP68 banyak di temukan untuk ponsel.

Kamera CCTV yang tahan air, biasanya pada label tercatat kode IP Rating IP67 yang menandakan bahwa kamera CCTV benar-benar tahan air. Jadi, untuk memilih kamera CCTV tahan air, Anda bisa melihat kode IP Ratingnya.

Tambahan, kamera CCTV yang tahan juga memiliki desain lain selain bullet yaitu desain dome dan PTZ.

Demikian pembahan tentang ciri-ciri kamera CCTV yang tahan air. Jika ada pertanyaan atau konsultasi pemasangan kamera CCTV bisa langsung menghubungi Psitive CCTV Jambi melalui nomor kontak di bawah halaman ini. Juga bisa langsung menuliskannya melalui komentar.

Leave a Reply