Belajar CCTV: Panduan Lengkap Cara Pasang CCTV IP Camera

belajar cara pasang cctv ip camera

Cara pasang/installation CCTV IP camera – Panduan lengkap cara pasang CCTV IP camera bisa Anda ketahui dari tulisan ini. Pasang CCTV IP camera sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pasang kamera CCTV analog.

CCTV IP camera memerlukan sedikit banyak setting.

Berbeda dengan kamera CCTV analog yang plug and play, CCTV IP camera membutuhkan beberapa setting agar bisa tampil di layar monitor. Selain kabel, CCTV IP camera menggunakan alamat IP sebagai media koneksinya. Salah satu angka saja pada alamat IP, kamera tidak akan tampil.

Alat dan Bahan Material Pasang CCTV IP Camera

Pasang CCTV IP camera harus dilakukan oleh teknisi CCTV yang sedikit telah mengerti jaringan. Tapi tenang, dengan membaca panduan ini, teknisi pemula pun bisa mengikutinya dengan mudah.

Alat pasang CCTV IP camera:

  1. Laptop.
  2. Tang Crimping.
  3. Palu.
  4. Tang.

Kebutuhan material:

  1. Kabel LAN.
  2. Konektor RJ 45.
  3. Duradus.
  4. Kabel HDMI.

Perangkat kamera CCTV:

  1. NVR.
  2. IP camera.
  3. Hardisk CCTV.
  4. Switch POE.
  5. Hub.

Proses Cara Pasang CCTV IP Camera

Sama ketika pemasangan kamera CCTV analog, pasang CCTV IP camera juga memerlukan beberapa proses. Berikut adalah proses lengkap cara pasang CCTV IP camera yang bisa Anda ikuti.

1. Penarikan Kabel LAN

Pnarikan kabel CCTV IP camera sedikit lebih ringan dibandingkan dengan penarikan kabel untuk CCTV analog. Ini karena CCTV IP camera tidak menggunakan kebl RG5 atau RG6 sebagai penghubung ke recorder.

CCTV IP camera menggunakan kabel LAN.

Kabel LAN ukuran yang lebih kecil, sehingga penarikan kabel lebih ringan. Kabel CCTV IP camera juga bisa dicabangkan menggunkan hub atau switch. Jadi pada kasus tertentu, Anda hanya butuh penarikan satu kabel ke recorder.

2. Pemasangan Konektor RJ45

Konektor RJ45 digunakan sebagai penghubung antara kabel dan perangkat CCTV IP camera. Konektor ini dipasang pada kedua ujung kabel LAN. Untuk pasang konektor LAN membutuhkan alat.

Alat untuk pasang konektor RJ 45 adalah Tang Crimping.

Dalam satu kabel LAN, didalamnya terdapat 4 pasang kabel warna-warni. Berikut adalah warna kabel LAN.

  • Putih-Orange.
  • Orange.
  • Putih-Biru.
  • Biru.
  • Putih-Hijau.
  • Hijau.
  • Putih-Cokelat.
  • Coklat.

Pemasangan konektor kabel LAN memiliki urutan warna yang telah ditentukan. Jadi tidak bisa sembarang pasang konektor RJ45. Untuk urutan warna kabel, bisa Anda lihat melalui gambar di bawah ini.

3. Hubungkan Kabel LAN ke CCTV dan NVR

Setelah pemasangan konektor RJ45 selesai, langkah selanjutnya adalah menghubungkan konektor ke CCTV IP camera dan ke NVR.

Kabel CCTV IP camera sudah tersedia port konektor RJ45.

Colok konektor RJ45 ke port LAN yang ada di kamera. Pada ujung konektor lainnya, colok ke port LAN yang ada di NVR. Untuk yang menggunakan switch POE dapat menghubungkan CCTV ke switch POE lalu kemudian kabel dari switch POE hubungkan ke NVR.

4. Setting NVR CCTV IP Camera

Supaya perangakt CCTV IP camera bisa terhubung, langkah pertama adalah melakukan setting pada NVR. Setting di NVR adalah merubah alamat IP NVR yang sebelum status DHCP menjadi static.

Kemudian dilanjutkan dengan setting alamat IP CCTV.

Alamat IP pada kamera harus satu segmen dengan alamat IP NVR. Jika tidak, maka CCTV tidak dapat terhubung ke NVR dan kamera CCTV tidak tampil di monitor.

Untuk melakukan setting alamat IP CCTV, bisa menggunakan aplikasi config tool. Jika Anda menggunakan perangkat CCTV IP camera dari Hikvision, bisa menggunakan aplikasi SADP Tool. Aplikasi SADP Tool ini bisa langsung di instal di laptop. Jika menggunakan perangkat CCTV Dahua, dapat menggunakan aplikasi Dahua Config Tool.

5. Testing

Terakhir adalah melakukan pengetesansemua perangkat CCTV IP camera. Jika semua perangkat dan koneksi berjalan baik, maka monitor akan langsung menampilkan video dari kamera CCTV.

Yang perlu Anda perhatikan adalah alamat IP perangkat.

Alamat IP yang tidak sesuai, akan membuat kamera CCTV dan NVR tidak bsia terhubung yang mengakibatkan gambar video tidak tampil di layar.

Kesimpulan

Sekian informasi tentang panduan pasang CCTV IP camera. Panduan ini dibuat khusus untuk pemula yang ingin belajar kamera CCTV IP.

Bagi kami, pasang CCTV IP lebih mudah dibandingkan CCTV analog.

Tapi jika Anda belum paham tentang alamat IP dan sistem jaringan, kemungkinan besar akan sulit untuk melakukan pasang kamera CCTV IP. Jika ada pertanyaan tentang cara pasang kamera CCTV IP yang belum jelas, bisa langsung menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Leave a Reply