Format Tidak Valid Pada Layar Monitor CCTV dan Cara Mengatasinya

format tidak valid pada layar cctv

Layar monitor CCTV muncul pesan format tidak valid – Mungkin Anda akan menemukan berbagai masalah saat mengganti monitor kamera CCTV lama dengan yang baru. Misalnya seperti D-SUB Out of Range dan format tidak valid.

Jadi apa penyebab hal tersebut?

Berdasarkan pengalaman kami lebih dari 5 tahun menangani masalah kamera CCTV, tampilan CCTV format tidak valid disebabkan oleh resolusi perekam DVR/NVR tidak sesuai dengan monitor yang digunakan. Simak cara mengatasi format tidak valid yang muncul di layar monitor CCTV.

Mengatasi Tampilan CCTV Format Tidak Valid

Seperti yang telah disebutkan di atas, tampilan format tidak valid di layar monitor CCTV adalah karena beda resolusi.

Resolusi yang dikeluarkan DVR/NVR biasanyan lebih besar.

Agar tampilan kamera bisa tampil di monitor dan menghilangkan pesan error format video tidak valid, Anda harus menurunkan resolusi output dari DVR/NVR. Di bawah ini adalah cara merubah resolusi output DVR Hikvision.

  1. Buka menu DVR/NVR.
  2. Masuk ke menu Configuration.
  3. General.
  4. Pada bagian VGA/HDMI Resolution. Pilih salah satu resolusi yang sesuai dengan layar monitor CCTV .
  5. Klik Apply.

Selesai.

Di bagian VGA/HDMI Resolution akan tersedia beberapa pilihan resolusi output. Anda bisa mencobanya sampai menemukan resolusi yang tepat.

Demikian informasi cara menghilangkan pesan format tidak valid pada layar monitor kamera CCTV. Jika Anda memiliki masalah yang sama, bisa mengikuti cara yang kami berikan di atas. Selamat mencoba.

Leave a Reply