Nama Domain dan Pengaruhnya Terhadap SEO Website

nama domain dan pengaruhnya pada seo website

Penggunaan nama domain dan pengaruhnya terhadap SEO – Google.com, Faceboo.com dan Pasitive.com adalah beberapa contoh dari nama domain. Nama ini digunakan sebagai alamat website atau blog.

Adakah pengaruhnya nama domain terhadap SEO website?

Nama dmain tidak berpengaruh terhadap SEO. Google mengatakan bahwa mesin pencarinya menempatkan rangking berdasarkan konten yang bermanfaat dan bukan dari nama domain. Tapi tetap saja, Anda harus memilih nama domain yang bagus, tidak terlalu panjang dan mudah diingat.

Memllih Nama Domain Untuk SEO Website

Google sendiri telah mengatakan bahwa nama domain tidak berpengaruh pada proses peringkat di mesin pencari atau SEO website. Tapi tetap saja, Anda sebagai pemilik website harus menggunakan nama domain yang mudah diieja dan diingat.

Berikut adalah cara memilih nama domain untuk SEO.

  1. Mengandung Keyword – Misalnya Anda membuat website tentang jualan sepatu. Sebisa mungkin di domain yang diugunakan terdapat nama jual sepatu. Misalnya jualseatujakarta.com, jualsepatujambi.com dan sebagainya.
  2. Gunakan Domain TLD – Domain TLD adalah domain yang umum dipakai pada website. Nama domain yang bisa dipercaya seperti .com, .co, .net, .biz dan .org.
  3. Nama Domain Mudah Diingat – Jangan gunakan nama domain seperti fdsfdsfjhk.com tetapi gunakan Pasitive.com, Google.com, TokoPedia.com dan lain sebagainya. Nama domain juga jangan terlalu panjang. Sebisa mungkin maksimal 9 karakter.

Sampai saat ini, hal yang mempengaruhi SEO adalah isi dari website.

Jika nama domain Anda bagus tetapi tidak ada konten atau ada konten tetapi jarang update, maka akan kalah dengan website atau blog dengan nama domain yang biasa-biasa saja tetapi rajin update konten. Google juga telah mengatakan nama domain tidak banyak mempengaruhi SEO website.

Anda bisa mengunjungi IDWebHost untuk mencari ketersediaan nama domain yang cocok untuk bisnis, website atau blog Anda.

Akhir Kata

Jadi, nama domain tidak mempengaruhi SEO website.

Meski pemilihan nama domain harus tetap dan sesuai dengan bisnis, tapi yang paling penting adalah pada kontennya. Nama domain bagus tapi tidak ada konten di dalam website sama saja dengan tidak ada SEO.

Demikian info tentang nama domain dan pengaruhnya terhadap SEO. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply