Jangan Asal Beli! Berikut Cara Memilih Kamera CCTV Yang Cocok Untuk DVR

Saya sudah membeli kamera CCTV baru untuk mengganti kamera CCTV lama saya yang rusak, tapi kenapa tidak menampilkan gambar? Ini terjadi karena Anda salah dalam membeli jenis kamera CCTV yang kompatibel dengan DVR.

Semua kamera CCTV hampir terlihat sama, namun yang harus Anda pahami adalah bahwa kamera CCTV memiliki sistem yang berbeda didalamnya. Itulah yang menjadi penyebab mengapa kamera CCTV yang telah Anda beli tidak menampilkan gambar apa pun di DVR Anda.

Dalam artikel ini, Pasitive CCTV Jambi akan membahas secara singkat bagaimana cara Anda untuk memilih kamera CCTV yang tepat untuk DVR.

Bagaimana Cara Memilih Kamera CCTV Untuk DVR?

Mari kita mulai dengan penjelasan singkat apa itu DVR. Digital Video Recorder (DVR) adalah perangkat dalam sistem CCTV. DVR memiliki fungsi memproses dan merekam video yang berasal dari kamera CCTV. Kamera CCTV yang terhubung ke DVR, mengirimkan video yang kemudian diproses lebih lanjut oleh DVR.

DVR memiliki hard drive internal (ruang penyimpanan) yang dapat menyimpan rekaman hingga beberapa hari/minggu/bulan.

Hasil rekaman di DVR dapat di putar ulang dengan menggunakan monitor/TV, melalui komputer dan lain sebagainya. Selain itu, DVR juga memiliki fitur tampilan live view dan pengaturan lain yang dapat disesuaikan untuk mendapatkan hasil terbaik dari sistem kamera CCTV.

Di sisi belakang DVR, Anda akan melihat input kamera CCTV (BNC) yang diberi label seperti “Input”, “Camera In”, “Video In” dan lain sebagainya. Jika Anda melihat jenis konektor ini (seperti yang ditunjukkan di bawah) maka seperti itu bentuk fisik DVR. DVR untuk kamera CCTV coaxial berbeda dengan DVR untuk kamera IP.

Port DVR CCTV Analog/Coaxial

Saat mencari tahu kamera mana yang kompatibel dengan DVR Anda, Anda perlu mengingat dua komponen dasar: jenis sinyal dan resolusi. DVR harus dapat membaca sinyal video dari kamera CCTV dan dukungan resolusi.

Jenis-Jenis Sinyal Kamera CCTV

Semua produsen kamera CCTV terkenal seperti Swann, Samsung, Night Owl, Lorex, Hikvision, Dahua, LTS, Zosi, Amcrest, dan lain sebagainya memproduksi dan menjual kamera CCTV HD . Masalahnya adalah sebuah produsen kamera CCTV ini biasanya tidak mengungkapkan jenis sinyal (teknologi HD) yang mereka gunakan untuk kamera CCTV dan DVR yang mereka produksi.

Sebenarnya tidak ada alasan khusus, jika Anda memiliki kamera CCTV dan DVR dengan merek Hikvision, sebaiknya Anda juga menggantinya dengan merek yang sama untuk hasil yang bagus.

Berikut ini adalah 5 jenis format video HD pada kamera CCTV dan DVR yang digunakan saat ini dan tersedia di pasaran.

1. Kamera HD-TVI – High Definition Transport Video Interface

Kamera CCTV ini disebut juga dengan kamera “TVI”. Tersedia dalam resolusi 720p (1MP), 1080p (2MP), 3MP, 5MP, dan 8MP hingga 4K. Kamera CCTV dengan teknologi HD-TVI diperkenalkan oleh Hikvision.

Tampilan kamera CCTV HD-TVI

2. Kamera HD-CVI – High Definition Composite Video Interface

Disebut juga dengan kamera CCTV “CVI”. Tersedia dalam resolusi 720p (1MP), 1080p (2MP), 3MP, 5MP, dan 8MP hingga 4K. Kamera CCTV dengan teknologi HD-CVI diperkenalkan oleh Dahua.

Tampilan kamera CCTV HD-CVI

3. Kamera AHD – Analog High Definition

Disebut juga dengan kamera CCTV “Analog HD”. Tersedia dalam resolusi 720p (1MP), 1080p (2MP), 3MP, 5MP dan 8MP. Kamera CCTV dengan teknologi AHD ini diperkenalkan oleh Hanwa Security.

Tampilan kamera CCTV AHD

4. CVBS – Traditional Analog Cameras

Jenis kamera CCTV ini adalah kamera jadul, menampilkan gambar buram dan resolusinya seperti video dalam TV tabung jaman dulu. Ini adalah kamera CCTV model lama. Untuk saat ini, Anda disarankan tidak lagi menggunakannya, karena tampilan gambar yang benar-benar buram.

5. HD-SDI – High Definition Serial Digital Interface

Ini adalah jenis kamera CCTV yang lebih usang. Produksinya pun saat ini sudah dihentikan oleh produsen-produsen pembuat kamera CCTV.

Bagian terbaiknya dari jenis-jenis sinyal kamera CCTV diatas adalah saat ini sudah ada kamera CCTV yang menggunakan empat jenis sinyal dari satu kamera CCTV atau yang disebut dengan 4-in-1.

Jadi dalam satu kamera CCTV memilik jenis sinya TVI, CVI, AHD dan CVBS.

Macam-Macam Resolusi Kamera CCTV

Ini merupakan hal yang paling harus Anda perhatikan sebelum mengganti dan membeli sebuah kamera CCTV agar kompatibel dengan DVR.

Anda harus ingat, sebuah DVR tidak mendukung semua resolusi kamera CCTV.

Sebagai contoh, DVR 2MP dapat mendetaksi semua kamera dengan resolusi 2MP (1080P) atau yang lebih rendah. Tetapi, DVR 2MP tidak akan menampilkan gambar jika digunakan untuk kamera CCTV beresolusi 3MP.

Intinya, DVR kompatibel dengan resolusi yang lebih rendah atau setara dengan yang telah ditentukan oleh pabrikan. DVR 5MP bisa menampilkan gambar kamera CCTV yang beresolusi 4MP, 3MP, 2MP dan 1MP. Namun tidak bisa menampilkan kamera CCTV dengan resolusi diatasnya seperti 8MP.

Macam-macam resolusi kamera CCTV

Memilih Resolusi Kamera Yang Cocok Untuk DVR

Jika Anda ingin membeli kamera CCTV untuk DVR Anda, Anda memerlukan kamera yang kompatibel dengan jenis sinyal DVR dan resolusi yang didukung. Berikut adalah beberapa contoh memilih kamera CCCTV:

  • Anda memiliki DVR CVI 1080p. Anda membutuhkan kamera CCTV TVI yang memiliki resolusi 1MP (720p) atau 2MP (1080p)
  • Anda memiliki DVR TVI 5 MP. Anda membutuhkan kamera CCTV TVI dengan resolusi 1MP sampai 5MP.
  • Anda memiliki DVR AHD 5 MP. Anda membutuhkan kamera CCTV AHD dengan resolusi 1MP hingga 5MP.

Tersedia juga DVR yang mendukung banyak sinyal kamera CCTV. DVR hybrid mendukung dua jenis sinyal. DVR Tribrid mendukung tiga jenis sinyal (CVS, CVI dan TVI). DVR Pentrabrid mendukung semua jenis sinyal (CVBS, CVI, TVI, AHD bahkan IP Cam). Saat ini, DVR Pentrabrid adalah DVR terbaru dan banyak digunakan.

Sebagai contoh:

DVR Pentrabrid 5MP bisa mendukung semua jenis sinyal dengan resolusi 5MP dan dibawahnya.

Saya Tidak Tahu Jenis DVR dan Tipe Kamera CCTV, Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika tidak tahu jenis DVR, apa yang harus dilakukan?

Ada tiga cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui jenis dan tipe kamera CCTV yang saat ini Anda gunakan.

1. Cara Cek Tipe Kamera

Jika kamera lama Anda telah rusak dan perlu menganntinya dengan kamera CCTV baru, Anda cukup periksa stiker atau labelnya dan cari tahu nomor modelnya. Kamera CCTV memiliki stiker yang mencantumkan model kamera, nomor seri, dan dalam beberapa kasus bahkan mencantumkan tipe seperti “TVI”, “CVI” dan lain sebagainya.

Melihat serial number kamera CCTV Hikvision

Jika pada label hanya tercetak modelnya saja, Anda bisa mencarinya menggunakan mesin pencari Google.

2. Cara Cek Jenis DVR

Jika Anda menemukan tipe kamera CCTV yang sesuai dengan DVR, Anda bisa memeriksa nomor model DVR. Jika Anda mengetahui model DVR, Anda dapat memeriksa resolusi dan jenis sinyal yang didukung.

Melihat serial number DVR/NVR Hikvision

Caranya, periksa label atau stiker di samping atau di bawah DVR dan temukan modelnya. Anda dapat google nomor model dan menemukan spesifikasi yang tepat dari unit DVR yang dapat memberitahu Anda jenis sinyal apa yang didukung oleh DVR tersebut (TVI, CVI, AHD dan lain sebagainya) dan resolusi maksimalnya.

Setiap DVR resmi pasti memiliki model yang tercantum di bagian pengaturan. Anda dapat mengakses Menu pada DVR melalui monitor menggunakan mouse. Lalu ke bagian Informasi Perangkat dan di sana Anda akan menemukan informasi seperti nomor seri, model, pabrikan dan lain sebagainya.

3. Hubungi Penjual

Jika dua cara diatas tidak membantu Anda menemukan jenis kamera yang sesuai untuk DVR, cara terakhir adalah menghunbungi penjual sistem CCTV terdekat di kota tempat Anda tinggal.

Kontak su

Untuk yang berada di daerah Jambi , Anda dapat menghubungi Pasitive CCTV Jambi. Pasitive CCTV Jambi adalah penyedia layanan pasang dan servis kamera CCTV untuk Jambi dan sekitarnya.

Selain itu, Anda dapat memeriksa buku manual atau panduan pengguna.Periksa apakah ada model atau jenis kamera yang cocok. Sebagian besar buku manual memiliki lembar spesifikasi yang dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis kamera yang bekerja dengan sistem DVR Anda.

DVR Saya Tidak Memiliki Merk

Sebagian besar dari penggan ingin memiliki sistem keamanan CCTV dengan harga yang murah dan tidak memperhatikan merk. Padahal cara tersebut akan membuat mereka susah untuk jangka panjang.

Contohnya ketika mencari pengganti kamera atau DVR yang cocok.

Jenis DVR dan kamera CCTV yang tidak memiliki merk disebut dengan OEM. DVR OEM tetap dibuat oleh oleh perusahaan besar, namun untuk pemasarannya disebar ke perusahaan kecil. Perusahan-perusahaan kecil ini dapat membuat label sesuai keingan mereka. Diantaranya bahkan tidak diberi label!

Jika DVR Anda tidak memiliki merk, cara untuk mengetahuinya adalah dengan membuka DVR dan memeriksa di bagian motherboard untuk mendapatkan nomor seri atau informasi lainnya.

Anda juga bisa melihat antar muka tampilan DVR OEM sebagai cara untuk mengetahui seri dan tipe DVR Anda.

Produk DVR OEM biasanya berasal dari dua prodsen kamera CCTV terbesar di dunia yaitu Hikvison dan Dahua. Dua produsen ini telah menyalurkan produk-produknya kepada ratusan nama merek atau penjual pihak ketiga.

DVR Hikvision menggunakan kamera CCTV TVI, dan DVR Dahua menggunakan kamera CCTV CVI. DVR dari kedua produsen ini juga mendukung kamera CVBS (kamera CCTV model lama). Jika menu DVR Anda mirip dengan yang ditunjukkan di bawah ini, maka Anda memiliki DVR Hikvision atau Dahua.

Tampilan menu DVR OEM Hikvision
Tampilan menu DVR OEM Dahua

Karena Hikvison dan Dahua sudah memiliki DVR dengan sistem 5 in 1, maka dengan ini yang perlu Anda perhatikan dalam memilih kamera CCTV pengganti adalah melihat resolusinya. Saran terbaik untuk Anda adalah menggunakan kamera 1080 (2MP) karena ini yang paling umum.

Penutup

Jika Anda memiliki kameraatau DVR yang rusak dan Anda perlu menggantinya, ada beberapa cara untuk mengetahui kamera mana yang Anda butuhkan dan mana yang akan berfungsi dengan DVR Anda. Jika Anda melihat model di kamera, Anda hanya perlu mencari model yang sama di toko CCTV terdekat.

Jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan teknisi dan tempat servis CCTV yang ada di kota Anda.

Jika Anda berada di Jambi dan sekitarnya, dapat menghubungi kontak Pasitive CCTV Jambi yang tersedia di website ini untuk konsultasi semua masalah CCTV Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.