3 Cara Pasang Kamera CCTV ke TV Tanpa DVR dan Menggunakan DVR [UPDATE 2022]

Kamera CCTV biasanya diproduksi dan dipasarkan berpasangan dengan alat perekam atau disebut dengan DVR. DVR sendiri memiliki fungsi untuk menampilkan video ke TV dan meyimpan video dari kamera CCTV.

Namun, diluar sana ada saja user yang bertanya apakah kamera CCTV dapat langsung disambungkan ke TV tanpa DVR. CCTV analog tentu saja bisa disambungkan langsung TV, hanya saja akan menghilangkan fitur-fitur yang ada.

Lalu bagaimana menyambungkan kamera CCTV ke TV tanpa menggunakan DVR? Berikut 3 cara yang bisa Anda praktekan.

  • Langsung menyambungkan kamera analog ke TV
  • Menggunakan koverter HDMI
  • Menggunakan DVR

Masing-masing cara diatas dapat bekerja tergantung pada teknologi kamera dan perangkat yang Anda gunakan untuk menyambungkan kamera ke TV. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing cara di atas.

Pasang Kamera CCTV Langsung ke TV

Menyambungkan CCTV ke TV tanpa DVR

Cara pertama ini hanya berfungsi untuk kamera CCTV analog yang menggunakan teknologi CVBS. Kamera CVBS adalah jenis CCTV dengan kualitas video yang paling rendah.

Catatan:

Jika Anda memiliki kamera CCTV analog yang menggunakan teknologi terbaru seperti CVI, TVI, dan AHD, cara ini tidak akan berhasil.

Jika Anda memiliki kamera CCTV analog dengan teknologi CVBS, Anda dapat menghubungkannya langsung ke input antena TV menggunakan kabel dan konektor kabel koaksial.

Pasang Kamera CCTV ke TV Menggunakan Konverter Analog HDMI

Menyambungkan CCTV ke TV dengan konverter

Jika Anda memiliki kamera CCTV analog yang menggunakan teknologi TVI, CVI, atau AHD dan ingin menyambungkannya ke TV, Anda harus menggunakan konverter analog ke HDMI.

Konverter HDMI dapat merubah video analog dari konektor coaxial menjadi video digital menggunakan kebl HDMI.

Ada berbagai jenis konverter HDMI tergantung pada teknologi yang digunakan kamera Anda (TVI, CVI, atau AHD). Pasitive CCTV menyarankan Anda untuk membeli konverter hibrid yang mendukung dengan semua teknologi tersebut, sehingga Anda dapat menyambungkan kamera CCTV ke TV tanpa harus memikirkan jenis teknologi yang digunakan oleh CCTV.

Pasang Kamera CCTV ke TV Menggunakan DVR

Koneksi CCTV analog ke TV menggunakan DVR

Anda dapat menyambungkan kamera CCTV analog Anda ke DVR (Digital Video Recorder) dan kemudian meyambungkan DVR ke TV menggunakan kabel HDMI. Ini cara yang cukup mudah.

JIka menggunakan DVR hybrid, Anda dapat menghubungkan semua jenis kamera CCTV analog (CVBS, CVI, TVI dan AHD) dan kemudian menghubungkan DVR ke TV Anda melalui HDMI atau kabel VGA.

Ada beberapa TV yang tidak memiliki port VGA, lebih baik melakukan pengecekan lebih dulu di TV Anda.

Jadi, demikianlah 3 cara untuk menyambungkan kamera CCTV ke TV, cukup mudah untuk di praktekan bukan?

Hal yang paling penting untuk menyambungkan kamera CCTV langsung ke TV adalah Anda hanya bisa mempraktekan cara-cara diatas hanya untuk kamera CCTV analog, untuk cara menyambungkan kamera IP akan dibahas di artikel selanjutnya.

Jika Anda memiliki masalah seputar sistem kamera CCTV, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan menghubungi nomor kontak Pasitive CCTV Jambi yang tersedia di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.