Cara Memperbaiki Kamera CCTV Tidak Menampilkan Gambar Video di Monitor (Update 2022)

Jika kamera CCTV milik Anda tidak mengeluarkan gambar di layar LED atau monitor, berikut adalah cara bagaimana mengatasi dan memperbaiki kamera CCTV yang tidak mengeluarkan gambar video apa pun di layar monitor dengan tampilan no video.

Cara ini bisa di digunakan untuk kamera CCTV yang menggunakan kabel coax.

Berarti cara ini hanya bisa di untuk kamera CCTV dengan jenis analog saja seperti format HD (HD-TVI, HD-CVI dan AHD).

Memperbaiki Kamera CCTV Tidak Mengeluarkan Gambar

Berikut adalah tindakan yang pertama kali harus Anda lakukan untuk mengatasi kamera CCTV tidak menampilkan gambar.

Periksa dan Tes Power Supply

Jika kamera CCTV tidak menampilkan gambar sama sekali, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa power supply.

Sebagian besar kamera CCTV tidak menampilkan gambar adalah karena power supply yang tidak bagus lagi menghantarkan arus atau power supply mati. Ini adalah langkah awal sebelum Anda mengganti kamera CCTV baru.

Banyak paket CCTV yang dijual, itu menyertakan power supply tunggal. Jika tidak Anda tidak memiliki cadangan, Anda bisa mendapatkannya di Pasitive CCTV Jambi.

Jangan salah membeli power supply. Anda bisa meliihat lebih dulu arus yang tertera. Kamera CCTV menggunakan daya DC 12V.

Periksa Sekering Power Supply

Jika sistem kamera CCTV Anda menggunakan power supply box, kami sarankan Anda memeriksa sekering yang terdapat di dalamnya.

Ada dua model power supply box, pertama adalah yang menggunakan sekering sekali pakai dan kedua adalah power supply box yang menggunakan sekering “auto reset fuse”. Keduanya memiliki tombol ON/OFF.

Cara Memeriksa Sekering Power Supply Box

  1. Pastikan tombol power di posisi ON dan lampu led menyala.
  2. Jika power supply menggunakan sekering sekali pakai (sekering tradisional) pastikan bahwa tidak ada sekering yang terbakar. Sekering yang terbakar akan ditunjukan oleh lampu led yang tidak menyala.
  3. Jika kotak catu daya Anda menggunakan PTC, pastikan bahwa lampu led menyala. Jika tidak, power supply mungkin mengalami korsleting di suatu tempat. Lepaskan sambungan setiap kamera CCTV yang tersambung ke power supply satu per satu untuk melihat mana yang menyebabkan korseleting.

Tes Kamera CCTV di Port Lain

Port DVR CCTV jarang sekali mengalami kerusakan, tapi kamera CCTV yang tidak menampilkan gambar bisa jadi akibat dari rusaknya port BNC yang ada di DVR.

Karena itu, cara utuk memastikannya adalah dengan memindahkan port kamera CCTV ke port lain. Pastikan BNC merekat dengan baik dan tidak longgar. Cek juga jarum pada BNC masih kokoh dan tidak patah.

Jika kamera yang baru dipindahlan ke port lain bisa menampilkan gambar, maka bisa dipastikan port di DVR mengalami kerusakan.

Gunakan Kabel Tester Untuk Mengecek Jalur Kabel

Untuk melakukan cara ini, kami asumsikan Anda sudah memiliki kabel CCTV cadangan siap pakai. Tes kabel CCTV lama Anda dengan kabel tester. Cek apakah arus masih sampai ke bagian ujung kabel.

Berikut adalah langkah-langkah yang kami sarankan jika Anda akan menggunakan kabel cadangan.

  1. Sebelum Anda melepas kabel lama dengan kabel cadangan dari kamera Anda ke DVR , Anda sudah memastikan power supply menyala dan berfungsi baik.
  2. Pastikan juga bahwa kabel cadangan Anda cukup panjang untuk digunakan dari kamera Anda ke DVR atau monitor yang terhubung.
  3. Lepaskan kabel video BNC dari kamera Anda dan pasang BNC dari kabel cadangan.
  4. Lepaskan ujung lain kabel video dari DVR atau monitor Anda dan pasang kabel cadangan. Tes untuk melihat apakah ada gambar yang muncul.
  5. Jika masih tidak ada gambar, kabel daya dari kabel cadangan Anda untuk mengalirkan arus daya.
  6. Jika masih tidak ada video, cabut kabel daya.
  7. Jika masih tidak ada video, kemungkinan besar Anda memiliki kamera yang sudah buruk/rusak.

Gunakan Monitor Lain

Jika sudah memastikan power supply berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan pada port atau kabel CCTV, selanjutnya adalah menggunakan alat CCTV monitor tester untuk memastikan kamera CCTV dalam kondisi baik.

Monitor uji CCTV sangat membantu saat memecahkan masalah video kamera.

Salah satu masalah paling umum, saat kamera CCTV tidak menampilkan video, adalah kabel atau koneksi BNC yang buruk. Dengan menggunakan monitor tester, Anda dapat memeriksa langsung unit kamera CCTV tanpa menggunakan kabel.

CCTV tester yang ada di pasaran memiliki output arus 12V CD yang dapat langsung menyalakan kamera CCTV.

Berikut adalah langkah-langkah jika menggunakan monitor uji untuk memperbaiki kamera CCTV tidak menampilkan gambar.

  1. Lepaskan kabel video dari kamera CCTV dan gunakan kabel jumper RG BNC pendek untuk menghubungkan output video kamera ke input BNC dari monitor tester. Jika kamera Anda sudah terpasang dan terhubung ke catu daya, Anda hanya perlu menghubungkan video kamera ke input tester.
  2. Jika Anda memiliki monitor tester yang dapat mengalirkan arus ke kamera CCTV, sambungkan output daya monitor tester ke kamera Anda.
  3. Jika kamera CCTV tetap tidak menampilkan gamabr setelah mengganti kabel video, kabel daya, dan catu daya, kemungkinan besar Anda memiliki kamera yang buruk. Jika Anda memiliki kamera cadangan, sambungkan ke monitor uji untuk memastikan kamera berfungsi dengan baik, lalu sambungkan ke kabel yang ada dan catu daya kamera yang Anda ganti.

Catatan: jika Anda mengganti kamera, pastikan kamera pengganti menggunakan jenis catu daya yang sama. Jika kamera Anda sebelumnya menggunakan 24VAC dan Anda menghubungkan kamera 12V DC ke sumber listrik 24VAC, itu akan membakar jalur PCB CCTV dan merusak kamera.

Memeriksa Kompatibel CCTV dan DVR

Jika Anda baru saja membeli DVR baru atau kamera CCTV baru, Anda harus benar-benar memilih DVR dan CCTV saling kompatibel. Kami menemukan bahwa banyak orang telah membeli kamera pengganti 720p atau 1080p untuk DVR 960H.

Tentu saja hal itu menyebabkan gambar tidak tampil. Jika Anda memiliki DVR yang mendukung resolusi 960H analog, Anda hanya dapat menggunakan kamera CCTV yang mendukung video analog 960H.

Banyak DVR dan kamera terbaru memiliki sistem “hibrida” yang berarti mendukung berbagai format video pengawasan.

Jika Anda menggunakan DVR tipe 960H yang hanya mendukung video analog (CVBS), Anda harus menggunakan kamera hybrid dalam mode CVBS analog agar dapat bekerja dengan DVR Anda. Anda kemungkinan besar perlu berkonsultasi dengan teknisi CCTV atau penjual kamera CCTV untuk mengetahui format video apa yang kompatibel dengan DVR Anda.

Mengganti Kamera CCTV

Jika kamera CCTV Anda tetap tidak menampilkan gambar setelah melakukan langkah-langkah diatas, rekomendasi kami adalah Anda harus mengganti kamera CCTV Anda dengan yang baru.

Jika membeli kamera CCTV, kami sarankan memilih kamera CCTV 4-in-1.

Kamera hibrid ini mendukung format CCTV analog dan bisa digunakan untuk DVR video HD (seperti HD-TVI, HD-CVI, AHD).

Leave a Reply

Your email address will not be published.