Ini Bedanya Hardisk Untuk CCTV Dengan Hardisk Komputer dan Laptop

bedanya hardisk cctv dengan hardisk komputer dan laptop

Sebelum membeli hardisk CCTV, Anda tentu harus lebih dulu mengetahui bedanya antara hardisk untuk CCTV dengan hardisk untuk komputer dan laptop. Meskipun dari segi bentuk hampir sama, tapi memiliki kemampuan yang berbeda.

Salah satunya adalah tentang kinerja hardisk.

Hardisk kamera CCTV mampu bekerja merekam video selama 24 jam tanpa henti. Tentu ini sangat berbeda dengan hardisk komputer dan laptop yang paling lama digunakan 8-10 jam per hari.

Perbedaan Hardisk CCTV, Laptop dan Komputer

Di bawah ini kami mencoba membahas perbedaan antara hardisk untuk kamera CCTV, Laptop dan hardisk untuk komputer.

1. Bentuk

Perbedaan pertama adalah bentuk dari hardisk. Bentuk hardisk CCTV dan hardisk komputer tidak ada perbedaan. Hanya saja pada hardisk CCTV biasanya tertulis label Surveillance.

Sementara itu, bentuk dari hardisk laptop berbeda.

Hardisk laptop memiliki bentuk yang lebih tipis jika dibandingkan dengan hardisk CCTV dan hardisk komputer.

2. Kecepatan Baca, Tulis dan Transfer File

Dalam uji coba menggunakan HDTunePro, kecepatan baca dan tulis hardisk komputer adalah baca 175,9 MB per detik dan 160.3 MB per detik, sedangkan kecepatan baca dan tulis untuk hardisk CCTV adalah 180.7 MB per detik dan 165.5 MB per detik.

Sementara itu, kecepatan rata-rata baca dan tulis pada hardisk laptop adalah 140 MB per detik sampai 160 MB per detik.

Tapi untuk urasan transfer file, hardisk CCTV lebih unggul dibandingkan dengan hardisk komputer dan laptop. Dalam praktiknya, untuk transfer file dengan ukuran sebesar 2 GB dari PC ke hardisk CCTV memiliki kecepatan 563.2 MB dan hanya membutuhkan waktu 8 detik. Sedangkan hardisk komputer memerlukan waktu 34 detik dengan kecepatan 362.4 MB per detik

3. Harga

Dengan kemampuannya yang bisa bekerja 24 selama 7 hari non stop, hardisk khusus kamera CCTV memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan hardisk untuk komputer.

Untuk hardisk 1TB komputer memiliki harga Rp 300.000 – Rp 450.000 sedangkan untuk harga hardisk CCTV adalah Rp 600.000 – 750.000.

Harga hardisk laptop mendekati atau hampir sama dengan hardisk CCTV.

Apakah Hardisk Komputer dan Laptop Bisa Digunakan Untuk CCTV?

Kami menyarakan Agar Anda tidak menggunakan hardisk komputer digunakan untuk kamera CCTV atau sebaliknya.

Hal ini untuk menjaga agar sistem CCTV bekerja optimal.

Tim teknis kami pernah mencoba pasang hardisk komputer untuk CCTV. Pada akhirnya, hardisk sering error dan tidak terbaca DVR. Ini karena daya tahan panas hardisk komputer tidak sama dengan hardisk CCTV

Kesimpulan

Hardisk atau HDD telah dibuat oleh perusahaan sesuai dengan kapasitas dan fungsinya masing-masing. Jadi untuk CCTV, pilih hardisk khusus untuk CCTV. Hardisk CCTV memiliki kapasitas 1TB, 2TB, 4TB, 6TB dan seterusnya. Anda juga bisa menghitung kapasitas hardisk CCTV yang dibutuhkan.

Semakin besar ukuran hardisk, makin lama pula durasi penyimpanan CCTV.

Pemilihan hardisk juga harus disesuaikan dengan jumlah kamera yang dipasang, resolusi kamera dan durasi penyimpanan.

Leave a Reply